Manajemen Rantai Suplai (Supply Chain Management) adalah sebuah proses di mana produk diciptakan dan disampaikan kepada konsumen secara sturktural. Sebuah supply chain (rantai suplai) berfungsi sebagai jaringan yang menghubungkan organisasi dengan rekan bisnisnya untuk mendapatkan sumber produksi yang akan disampaikan kepada konsumen.

Manajemen Rantai Suplai Dimensi Logistic

logistik infografik

Dalam Manajemen Logistik, Dimensi Logistic memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Distribusi Jaringan: Jumlah dan lokasi supplier, fasilitas produksi, pusat distribusi, gudang dan pelanggan.
  2. Strategi Distribusi: Sentralisasi atau desentralisasi, langsung naik kapal, berlabuh silang, strategi menarik atau mendorong, atau logistik orang ke tiga.
  3. Informasi: Sistem terintregasi dan proses melalui rantai suplai untuk membagi informasi berharga, termasuk permintaan, perkiraan, inventaris dan transportasi dsb.
  4. Manajemen Inventaris: Kuantitas dan lokasi dari inventaris termasuk barang mentah, proses kerja, dan barang jadi.
  5. Aliran dana: Mengatur syarat pembayaran dan metodologi untuk menukar dana melewati entitas di dalam rantai suplai.

Tujuan dalam rantai suplai ialah memastikan material terus mengalir dari sumber ke konsumen akhir. Bagian-bagian yang bergerak di dalam rantai suplai haruslah berjalan secepat mungkin. Dan dengan tujuan mencegah terjadinya penumpukan inventori di satu lokasi, arus ini haruslah diatur sedemikian rupa agar bagian-bagian tersebut bergerak dalam koordinasi yang teratur.

Dimensi Logistic telah di tahun 2020 ini telah siap memasuki era industri 4.0, dimana setiap aktivitas perusahaan dapat terintegrasi dalam satu platform yang mampu memberikan informasi sempurna untuk langkah berikutnya
Yudishtira – digital marketing dpx group

Perlu Bantuan? WhatsApp kami