Manajemen logistik merupakan bagian dari proses supply chain yang berfungsi untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan keefisienan dan keefektifan penyimpanan dan aliran barang, pelayanan dan informasi terkait dari titik permulaan (point of origin) hingga titik konsumsi (point of consumption) dalam tujuannya untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan.

Manajemen Logistik dalam Dimensi Logistic

manajemen logistik

Pada gambar diatas adalah standard operational procedure (SOP) dalam alur pengiriman barang Dimensi Logistic. Dalam penerapannya, pada kondisi tertentu sesuai permintaan konsumen yang telah disetujui oleh manajemen, alur tersebut dapat berubah. Perubahan alur SOP tersebut biasanya dikarenakan kondisi yang mendesak bila barang kiriman yang dikirimkan diperlukan lebih cepat daripada seharusnya.

Sehingga tujuan dari logistik adalah mendapatkan barang yang tepat, pada waktu yang tepat, dengan jumlah yang tepat, kondisi yang tepat, dengan biaya yang terjangkau, dengan tetap memberikan kontribusi profit. Karenanya, logistik selalu berkutat dalam menemukan keseimbangan untuk dua hal yang amatlah sulit untuk disinergikan, yaitu menekan biaya serendah-rendahnya tetapi tetap menjaga tingkat kualitas jasa dan kepuasan konsumen. Dalam dunia bisnis yang selalu berubah, manajemen logistik yang baik merupakan sebuah keharusan.

Dimensi Logistic dengan pengalaman bertahun-tahun dan disertai manajemen yang kuat mampu memberikan harga yang pantas tanpa mengurangi kualitas layanan.

Perlu Bantuan? WhatsApp kami