Banyak Warga Negara Indonesia (WNI) yang sedang bekerja, sedang kuliah ataupun sedang tinggal di luar negeri untuk bekerja. Tidak sedikit juga dari penduduk Indonesia yang sedang tinggal di luar negeri, mempunyai hasrat dan keinginan untuk mengirim barang dari luar negeri menuju dalam negeri yaitu Indonesia. Dan adapun barbagai alasan kamu mengirim barang dari luar negeri ke negara asalmu tujuannya untuk mengirim barang ke keluarga, teman, pacar, ataupun untuk dijual lagi dan kamu juga kamu bisa mengimport dengan murah di Dimensi Logistic.

Atau juga kamu mengirim barang untuk keperluan mengirim dokumen seperti ijazah, atau juga bisa mengirim barang barang khas negara disana misal kamu berada di Indonesia kamu bisa mengirim oleh oleh yang tahan lama agar temanmu dan keluargamu bisa mencobanya.

Untuk kamu yang kondisinya tidak bisa keluar rumah dan bahkan tidak bisa membeli barang di tempat oleh oleh negaramu, kamu bisa memanfaatkan aplikasi online untuk mengirim, Bukan sebuah alesan untuk membuat alasan untuk mengirim barang kecuali kamu memang tidak mempunyai akses untuk menjangkau atau berpegian ke luar negeri, atau juga bisa ketika kamu sedang berobat di luar negeri pastinya kamu bisa menyempatkan diri untuk membeli barang untuk kebutuhan atau sekedal oleh oleh dari luar negeri, kamu juga bisa memakai jasa pengiriman untuk membeli kebutuhan kamu sehari hari dari luar negeri loh kamu juga bisa belanja murah.

Regulasi Pengiriman Barang Import Murah

Menurut birokrasi mengenaik pengirim barang dari luar negeri ke negara Indonesia memang tidak semudah itu dan lumayan rumit. Tetapi bukan berarti kamu jadi tidak bisa mengirim barang, kamu juga harus perlu tahu tentang birokrasi ini. Dalam pengiriman barang dari luar negeri yang ketika kamu berada diluar negeri menuju Indonesia, terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika kamu ingin mengirim barang. Hal yang paling umum yang harus kamu ketahui ialah barang dari berat kiriman barangmu jumlah beratnya tidak boleh mencapai lebih dari 100 Kg nett untuk setiap pengiriman.

Sementara itu untuk barang yang beratnya lebih dari 100kg untuk setiap pengirimannya, maka akan terkenal ketentuan umum yaitu masuk ek dalam import umum. Untuk menyelesaikan permasalahan ini kamu bisa langsung mengisi dokumen yang bernama Pemberitahuan Impor Barang (PIB)

Barang Barang Bea Cukai

Ada beberapa barang barany yang termasuk ke dalam kategori BKC yang kepanjangan dari Barang Kena Cukai ialah :

  • Etanol atau EA Etil Alkohol
  • Minuman mengandung Alcohol
  • Hasil Tembakau

Didalam pelaksanaanya, peraturan ini pengiriman barang dari luar negeri nyatanya masih sama dengan peraturan pengiriman pribadi ataupun perseorangan juga bisnis.

Peraturan peraturan ini di atur di dalam peraturan Menteri Keuangan Nomor 199/PMK.010/2019 yang di dalamnya tentang kepabeanan, cukai dan juga pajak atas import barang yang dikirim, dan peraturan ini berlaku pada 30 January 2020

Ketentuan Baru Impor Barang Kiriman dari Luar Negeri

Peraturan ini berisikan banyak yang harus kamu cermati contoh didalam peraturan ini ialah

  • Pembebasan pajak atau bea masuk yang jumlah nilai barangnya maksimal 75 Dollar menjadi 3 Dollar perkiriman dan bisa mendapatkan persetujuan pengeluaran barang.
  • Barang dengan diatas 75 Dollar akan dikenakan pungutan pajak bea masuk dan pajak import.
  • Dan untuk kamu yang mengirim barang lebih dari 1500 Dollar dan penerimanya adalah badan usaha kamu cukup harus menyiapkan PIB tetapi jika yang menerima bukan badan usaha kamu harus menyiapkan PIBK
  • Perhitungan pajak akan berbeda beda dengan jenis dari setiap barang tersebut seperti Tas akan dikenakan bea masuk sekitar 15-20%, Sepatu akan dikenakan bea masuk sekitar 25-30%, produk tekstil akan dikenakan bea masuk sekitar 15-25% dan buku akan dibebaskan dari bea masuk dan pajak lainnya.

Bagi kamu yang ingin import murah yuk pakai Dimensi Logistic sebagai jasanya, pesan sekarang ya

Need Help? Chat with us