Kamu Harus Tahu 3 Syarat dan Jenis Kargo Udara Yuk Di Cek

Kamu Harus Tahu 3 Syarat dan Jenis Kargo Udara, ketika kamu ingin mengirim sebuah barang dari satu tempat ke tujuan, kamu pastinya melewati regulasi regulasi yag wajib di patuhi, karena jika kamu tidak mematuhi peraturan yang ada bisa bisa barang kamu di tahan dan tidak bisa di kirimkan, berikut di bawah ini syaratnya

Syarat Penerimaan Kargo Udara

Menurut peraturan yang berlaku di IATA TACT Rules, biasanya ada hal yang harus diperhatikan jika kalian ingin menerima kargo, kondisi kargo harus kedalam kategori Ready For Carriage , adapun syaratnya sebagai berikut:

1. Air Way Bill

Air way bill ini harus diisi dan setiap pengisian datanya harus benar karena peraturan sudah di tetapkan oleh TACT Rules.

2. Documentation

Dokumen akan di perlukan di setiap pengiriman, kamu harus menyiapkan dokumen agar barang kamu bisa keluar atau masuk.

3. Marking Of Package

Semua kiriman kargo harus sudah ditandai yang ditandainya berisi nama Consignee, Alamat kota, alamat jalan dan itu semua harus sesuai dengan MAWB

4. Packing

Semua kiriman harus dipacking atau dikemas dengan baik dengan standar batas normal transportasi, ketika ada barang Dangerous Good harus mengacu kepada atuan IATA Dangerous Good Regulation. dan untuk makhluk hidup atau live animal mengikuti peraturan IATA live animal regulaton.

5. Labelling of Package

Pada saat menempel label kamu harus bisa membuatnya terlihat dan tidak tertutupi, dan label lama harus segera di lepas dan diganti baru.

6. Shipper Declaration For Dangerous Goods

Kamu harus melengkapi dan menandatangani dokumen berdasarkan peraturan IATA dangerous goods regulations.

7. Shipper Certification For Live Animals

Kamu Harus melengkapi dan menandatangani dokumen ini berdasarkan peraturan dari IATA dangerous goods regulations.

Kamu Harus Tahu 3 Syarat dan Jenis Kargo Udara

Jenis Jenis Kargo Udara

Kargo itu mempunyai beberapa jenis lebih tepatnya kargo terbagi dua yang diantaranya adalah special cargo dan general cargo. dan juga setiap kargo jenis produknya dan pelayanannya kargo dibagi menjadi special shipment, general cargo dan pililah ekspedisi murah. berikut ialah macam macam jenis jenis kargo udara :

Jenis Kargo Udara – General Cargo

General Cargo ialah salah satu jenis dari tiga jenis yang ada general kargo ialah berisikan barang barang yang biasa dan tidak memperlukan penanganan extra/khusus, tetapi walaupun begitu setiap pengiriman harus memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan. beberapa contoh barang yang bisa dikirim menggunakan general cargo ialah peralatan olahraga, pakaian, peralatan kantor, keperluan rumah tangga, garmen, tekstil dan lain lain.

Jenis Kargo Udara – Special Cargo

Special Cargo ini adalah jenis kedua yang ada dalam jenis kargo udara, Special Cargo sedikit berbeda dengan general cargo karena special kargo ini harus mempunyain penanganan extra atau khusus ( special handling). tentu saja semua kiriman barang special kargo harus mempunyai syarat untuk berangkat dari regulasi IATA. berikut ialah bahan atau barang yang masuk kedalam special cargo:

  • Live Animal ( AVI ) artinya adalah makhluk hidup atau hewan yang hidup yang ingin dikirimkan lewat pesawat udara contohnya seperti bebek, onta, ikan, ayam dan lain lain
  • Human Remain ( Hum ) yang berarti adalah jenazah atau mayat manusia dan ini terbagi menjadi dua kategori yaitu :
    – Uncremated in coffin ialah mayat atau jenazah yang masi membentuk manusia dan menggunakan peti jenazah
    – Cremated yaitu mayat atau jenazah yg sudah menjadi abu, umumnya akan dikirim dengan menggunakan kota kayu, atau guci.

Jenis Kargo Udara – Dangerous Goods

Dangerous Goods ialah jenis ketiga yang dengan peraturan isi dari kargo ini adalah bahan berbahanya dan tentunya bisa membuat kerusakan pada manusia, lingkungan juga keselamatan penerbangan. ini adalah jenis barang dangerous goods :

  • Explosive Goods ( REX ) material yang gampang untuk meledak seperti mesiu, petasan, peluru, dan kembang api
  • Gasses ( RPG ) barang barang yang gampang menguap contohnya butane, propane, hydrogen.
  • Flammable Liquids ( RFL ) barang yang sifatnya zat cair dan mudah terbakar contohnya alkohol, varnishes.
  • Flammabel Solids ( RFS ) barang yang bersifat zat  pada dan mudah terbakar contohnya korek api
  • Oxidizing Substance ( ROX ) & Organic Peroxide ialah barang mudah menguap, dan jika dihirup oleh manusia akan berdampak seperti mengantuk, pusing , contoh barangnya calciu chlorate dan ammonium nitrate.
  • Toxic ( RPB ) & Infectious Subtance ( RIS ) maerial yang mempunyai kandungan racun seperti pestisida, sianida, bakteri hidup, dan virus HIV.
  • Radioactive Material ( RFW ) Zat yang jika terpapar sinar atau cahaya akan bereaksi juga berbahaya bagi hewan, manusia.
  • Corrosives ( RCM ) barang yang mengandung karat atau efek korosif contohnya merkuri, asam baterai.
  • Miscellaneus Dangerous Goods ( RMD ) ialah barang lain yang dianggap berbahaya juga akan mempengaruhi kesehatan penerbangan jika dibawa dengan menggunakan transportasi udara contohnya magnet, biang es, kendaraan dan lain lain.

 

nah gimana sudah jelas kan di artikel bernama Kamu Harus Tahu 3 Syarat dan Jenis Kargo Udara dan tentunya sekarang kalian jika ingin mengimport barang membutuhkan jasa import murah, tapi tenang karena Dimensi Logistic memberikan jasa import murah.

Jasa Import Murah Dimensi Logistic

Jasa import murah Dimensi Logistic kamu sekarang sudah bisa pesan dengan harga yang murah serta bersahabat tidak perlu khawatir terhadap isi dompet kalian, kami akan memberikan harga yang terbaik, dan Dimensi Logistic sudah mempunyai lebih dari 10 tahun pengalaman dalam bidang ekspedisi pengiriman barang cepat. Tunggu apa lagi yuk pesan sekarang .

FAQ

Ada Berapa Syarat Penerimaan Kargo Udara?

Syarat Penerimaan Kargo udara ada 7 yang salah satunya adalah Packing yang berarti harus mempersiapkan kemasan saat ingin mengirim barang lewat kargo udara

Ada Berapa Jenis Jenis Kargo Udara?

Jenis jenis kargo udara ada 3 jenis salah satunya adalah general cargo yang bisa di isi dengan barang barang pada umumnya dan tidak memerlukan penanganan khusus.

 

Need Help? Chat with us