Jasa export import terbaik pilihan anda - Dimensi Logistic

DIMENSI LOGISTIC: Export Import Terbaik Pilihan Anda

Dimensi Logistic menjadi pilihan anda semuanya untuk jasa export import terbaik, terpercaya dan berasuransi di seluruh Negara. Mulai dari Malaysia, Singapura dan Negara lainnya. Kami siap mengantarkan dan menjaga aman barang anda sesuai tujuan.

Perusahaan Jasa Logistik yang menawarkan jasa ekspor impor dan forwarder door to door, Dimensi Logistic melayani untuk memberikan yang terbaik untuk setiap customer.

Dengan tenaga SDM yang professional di bidang masing-masing tentu tidak diragukan lagi untuk kenyamanan barang kiriman anda. Kami juga telah hadir sejak tahun 2009 dan menjadi jasa export import terbaik untuk melayani ribuan customer dari sabang sampai merauke.

jasa export import terbaik

Jenis Freight Forwarding

Pengiriman barang ekspor impor oleh para Forwarder hanya dapat dilaksanakan dengan menggunakan sarana angkutan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh mereka,yaitu dengan melihat bentuk,kemasan,berat dan isi barang bersangkutan.Tetapi secara operasional, mereka hanya akan melayani pada wilayah pengiriman barang terbatas kemampuan atau keinginannya masing-masing.

Terdapat tiga katagori Forwarder Yaitu:

– Forwarder Internasional (kelas A)

Forwarder Internasional perusahaan International Freight Forwarder merupakan Forwarder kelas A dan biasanya disebut juga secara umum dengan sebutan Internasional Freight Forwarder merupakan Forwarder yang professional dalam hal menjalankan kegiatan Freight Forwarding.

Dengan memberikan jasa kirim barang kepada para pengguna jasanya ,yaitu telah melampaui batas Negara dengan tujuan barang di salah satu Negara di luar negeri. Demikian jenis Forwarder yang banyak disukai oleh pemilik barang untuk Exportir dan Importir

– Forwarder Domestik/Regional (Kelas B)

Perbedaan Internasional Freight Forwarder ialah mereka memakai FIATA lalu untuk Forwader Domestik tidak menggunakan

– Forwarder Lokal (Kelas C)

Jenis Forwarder ini merupakan forwarder dengan klasifikasi yang minim,karena disini yang termasuk golongan Forwarder local adalah mereka yang belum memiiki agen di luar negeri,dan mereka adalah para pengelola EMKL,EMKU,dan EMKA.

Istilah Dalam Dunia Export Import

Berikut ini lah istilah-istilah dalam dunia ekspor dan impor yang setidaknya harus Anda ketahui.

Shipper : Adalah exporter atau si pengirim barang Consignee : Adalah importir atau si penerima barang.

FOB (Free On Board) : Penawaran harga barang hanya sampai naik ke kapal, ongkos/biaya kapal belum termasuk.

CIF (Cost, Insurance, Freight) : Penawaran harga yang mencakup harga barang, biaya kapal dan asuransi.

CNF (Cost and Freight) : Serupa dengan CIF namun penawaran harga hanya mencakup harga barang dan biaya kapal saja.

OFR (Ocean Freight Rate) : Tarif dasar pengiriman via laut, dihitung berdasarkan per cubic meter atau kubikasi.

AFR (Air Freight Rate) : Tarif dasar pengiriman via udara, dihitung berdasarkan per satuan kilogram atau pound (lbs).

PIB (Pemberitahuan Impor Barang) : Dokumen pemberitahuan oleh importir kepada bea cukai atas barang impor, jika PIB di setujui maka akan di terbitkan SPPB (Surat Persetujan Pengeluaran Barang).

PEB (Pemberitahuan Expor Barang) : Dokumen pemberitahuan oleh exporter kepada bea cukai atas barang expor, jika PEB di setujui maka akan di terbitkan PE (Persetujuan Expor).

FCL (Full Container Loaded) : Metode Pengiriman barang dengan menyewa satu container secara penuh.

LCL (Less Container loaded) : Metode Pengiriman barang menggunakan container namun tidak menyewa satu container penuh melainkan hanya membayar barang yang dihitung secara kubikasi.

CY (Contrainer Yard) : Cara pengiriman melalui wadah penumpukan peti kemas Negara tempat asalnya hingga ke penumpukan peti kemas Negara yang dituju.

CFS (Container Freight Station) : Metode pengiriman barang dari gudang LCL negara asal sampai ke gudang LCL negara tujuan istilah dalam export import.

AWB (Air Way Bill) : Pengiriman barang dengan jalur udara dengan tanda bukti

BL (Bill of Lading) : Bukti pengiriman barang melalui jalur laut.

ETD (Estimation Time of Departure) : Perkiraan waktu keberangkatan kapal

ETA (Estimation Time of Arrival) : Perkiraan waktu kedatangan kapal

Freight Prepaid : Pembayaran biaya angkut yang sudah dibayarkan terlebih dahulu sebelum barang diangkut.

Freight Collect : Pembayaran biaya angkutan yang di bayarkan oleh (Penerima Barang) atau setelah barang sudah diterima.

Feeder Vessel : Kapal pengangut contrainer yang menampung kapasitas kecil  untuk contrainer dari pelabuhan muat menuju pelabuhan singgah sementara untuk di taruk di Mother Vessel.

Mother Vessel : Sebuah Kapal Pengangkut memiliki kekuatan besar yang mengangkut container dari pelabuhan singgah sementara atau transit menuju pelabuan yang dituju.

Dry Container : Container kering / standar yang digunakan untuk mengirim barang-barang biasa dan bukan merupakan benda gas atau cair.

Refeer Container : Container yang memiliki pengatur suhu, biasanya digunakan untuk mengirim bahan pangan seperti sayurang, buah-buahan, seafood (udang, ikan, dll.)

Open Top Container : Kontainer atau peti kemas jenis ini biasanya mengangkut barang-barang yang tingginya tidak muat jika dimasukkan ke dalam peti kemas biasa.

Bulk Container : Container ini digunakan untuk mengangkut barang berbentuk butiran atau curah dalam jumlah banyak. Seperti biji-bijian, rempah-rempah dan pakan ternak.

Need Help? Chat with us