Kemajuan teknologi dan zaman sudah mempermudah seluruh aspek dan faktor kehidupan manusia termasuk dalam berbelanja keinginan mereka. Belanja online dari luar negeri sekarang sangat di gemari oleh semua orang dari mulai remaja sampai orang tua, karena saat ini sangat mudah sekali untuk membeli barang murah dari luar negeri.

Munculnya berbagai macam ecommerce atau online shop dari luar negeri yang selalu menawarkan promo promo menarik seperti gratis ongkos kirim sampai diskon yang menarik pastinya menambah antusiasme penduduk Indonesia untuk bisa mendapatkan barang tersebut, dan lagi barang barang tersebut belum ada di pasar di dalam negeri.

Tracking Bea Cukai

Dan sekarang tak jarang saat kamu berbelanja online, pembeli sering khawatir tentang barang kiriman dari luar negeri yang lama datangnya ataupun tidak kunjung datang. Saat ini sekarang, Bea Cukai sudah menyediakan fitur tracking kiriman baran, untuk melacak sejauh mana dan sudah sampai mana proses pengiriman barang dari penjual.

Dengan sistem yang transparant tersebut, penduduk kini sudah bisa dengan tenang mengirim ataupun menerima barang dari luar negeri karena keamanan dan trackingnya sudah baik. Langkah tersebut juga bisa dilakukan untuk mengantisipasi dan menurunkan tingkat kasus penipuan yang sering terjadi, karena banyak kasus penerima di mintakan uang untuk mengirim sejumlah uang ke rekening penipu yang mengaku ngaku atas nama Bea Cukai. Tetapi kamu bisa mendapatkan import murah dengan menggunakan jasa dari Dimensi Logistic

Mengkutip dari halaman Portal Informasi Indonesia , ada beberapa cara untuk melacak kiriman barang dari luar negeri melalui website resmis dari Bea Cukai :

  • Buka Halaman www.beacukai.go.id
  • Pilih menu yang betuliskan Tracking barang atau juga bisa dengan langsung mengetik halaman ke www.beacukai.go.id/barangkiriman
  • Setelah itu masukan nomor tracking yang kamu punya atau bisa juga kamu memasukan consigment, resi, airway bill (AWB) pada tempat yang sudah di sediakan.
  • Lalu klik submin dan see details kamu sekarang bisa melihat dimana barangmu dan sudah sampai mana proses pengiriman barangmu.
  • Memastikan bahwa barang kamu sudah di kirimkan dan disiapkan dan sudah ada datanya secara online atau elektronik pada sistem komputer di pelayanan Bea Cukai oleh si penjual atau pihak jasa pengiriman barang kamu bisa di lacak.
  • Jangan langsung mempercayai penjual jika dikatakan sudah dikirim tetapi kamu harus melakukan pengecekan secara langsung jika ada tagihan yang kurang wajar segera laporkan ke pihak Bea Cukai atau bertanya terlebih dahulu apakah benar dibebankan biaya lebih.

Cara Melacak Barang Kiriman Lewat Bea Cukai Dengan Mudah

Download aplikasi Bea Cukai

Selain dari situs website resmisnya, kamu juga bisa melacak barang kiriman dari luar negeri dapat kamu lakukan lewat aplikasi yang sudah tersedia di play store kamu cukup menuliskan kata kunci Mobile Beacukai yang pada tahun 2017 lalu sudah diluncurkan dan sudah bisa dipakai. Melacak barang kiriman dari luar negeri melalui aplikasi tersebut tidak jauh beda tampilannya dengan situ website resmi bea cukai.

Kamu hanya perlu mendownload aplikasi tersebut lalu memilih menu yang bertuliskan tracking barang kiriman, Lalu pengguna harus menginput nomor AWB atau resi juga bisa memasukan consigment, lalu setelah memasukan kode unik tadi lalu klik submit.

Dan Aplikasi tersebut akan segera melacak dan langsung mengirimkan status pengiriman barang ke si pengirim. Tetapi pada saat ini aplikasi ini hanyak bisa di pakai di OS Android saja belum bisa di IOS.

Pada akhirnya ada tiga hasil status pengiriman yang bisa kamu terima oleh pengguna yaitu diantaranya Dokumen Diterima untuk segera diproses bea cukai, konfirmasi atau menunggu kelengkapan berkas, dan ada juga barang selesai ataupun keluar dari gudang. Kamu bisa mendapatkan belanja murah dari luar negeri dan aman juga.

 

Need Help? Chat with us