Pembelian barang dari luar negeri dan bisa di bawa masuk ke dalam negara Indonesia merupakan ialah aktivitas kegiatan import, agar terhindar dari polemik atau masalah, Kamu sebagai penumpang ataupun pembeli barang import murah, kamu harus mengetahui ketentuan ketentuan dalam melakukan import barang.

Ketentuan membawa barang atau produk dari luar negeri sudah lama diatur oleh negara di dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) dengan peraturan Nomor 203/PMK.04/2017 yang di dalamnya menjelaskan tentang import barang yang dibawa oleh penumpang, pelintas batas, barang kiriman, ataupun awak sarana pengangkut. Dan ini berlandasan regulasi ini menggantikan ketentuan yang sudah dibuat sebelumnya yang di dalam PMK No. 188/PMK.04/2010.

Pembebasan Bea Masuk Import Barang

Berdasarkan peraturan yang sudah disebutkan tadi pemerintah Indonesia sudah menetapkan batas untuk seseorang masuk dari penumpang sebesar 500 dolar per orang yang dari sebelumnya 250 dolar per orang. Dan dari Menteri Keungan Sri Mulyani di tahun 2017 bulan Desember mengatakan bahwa peningkatan ini adalah nilai pembebasan bea masuk dan termasuk moderat apa bila dibandingkan denga negara lain yang mempunyai pendapatan income per capita yang jauh lebih tinggi.

Baca Juga :  Jasa Pengiriman Dimensi Logistic Jakarta ke Makassar

Dan untuk negara negara lainnya seperti malaysia mempunyai nilai pembebasan bea masuk sebesar 125 dolar, untuk negara thailand 285 dolar, untuk negara inggris 557 dolar, untuk negara singapura 600 dolar, untuk negara china 764 dolar, dan untuk negara amerika serikat 800 dolar.

Dan juga untuk selain itu sejumlah barang  yang dimiliki oleh penumpang dengan jumlah yang disesuaikan dengan jumlah tertentu akan bisa juga dibebaskan dari pajak atau tarif cukai. Barang barang atau produk tersebut ialah batang rokok dengan kapasitas maksimal membawa 200 batang, 25 buah cerutu, tembakau iris ataupun hasil tembakau maksimal 100gram, dan minuman beralkohol mempunyai kapasitas 1 liter, dan untuk pakaian 10 buah.

Jika nantinya ada penumpang membawa barang pribadi di bawah nilai tersebut maka tidak akan dikenakan dan tidak akan dipungut bea masuk dan juga pajak import. Jika Penumpang tersebut membawa barang dari luar negeri yang jumlahnya melebihi batas yang sudah ditentukan, pastinya mereka akan dikenakan tarif bea masuk sebesar 10%. Dan kamu jika ingin belanja murah kamu juga bisa beli di luar negeri.

Baca Juga :  Tarif Ekspedisi Jakarta Padang

Penentuan dari tarif tunggal ini mengikuti peraturan internasional yang sudah dilakukan oleh negara negara lainnya seperti malaysia, singapura dan jepang. dan pastinya kamu bisa mengimport dengan murah di Dimensi Logistic

Aturan Barang Bawaan Masuk ke Indonesia Dan Bea Masuk

Biaya Bea Masuk Import Barang

Selain itu juga pastinya penumpang akan juga di kenakan pajak atau nilai pabean yang sudah ditetapkan berdasarkan keseluruhan harga barang dan nilai barang di pabean import bawaan atau hand carry penumpang dan dikurangi dengan nilai batas dari pembebasan bea masuk yang bernilai 500 dollar.

Contoh cara untuk perhitungannya ialah, total dari barang atau produk juga oleh oleh dari luar negeri yang mencapai sampai 1500 dollar. Maka barang tersebut akan terbebas dari bea masuk yang hanya 500 dollar yang dari keseluruhan barang atau produk penumpang. Sedangkan sisanya yang berjumlah 1000 Dollar sisanya akan di kenakan tarif bea masuk sebesar 10% dari jumlah barang yang tidak terkena bebas bea masuk.

Baca Juga :  Cargo Murah Jakarta ke Manado

nah menarik bukan aturan barang bawaan masuk ke Indonesia karena mempunyai syarat dan ketentuan yang pastinya kamu harus tahu, berapa yang bisa dibebaskan dari pajak dan berapa yang harus di bayarkan sekarang kamu sudah tahu, tidak sembarang membeli banyak barang dari luar negeri. Karena kamu juga ketika kamu membeli barang berlebih tentunya kamu akan dikenakan pajak yang lebih juga dari total belanjaan kamu ya. Jika kamu ingin mendapatkan Import murah segera hubungi Dimensi Logistic sebagai pilihannya ya.

 

 

Need Help? Chat with us