Asuransi pengiriman atau asuransi cargo barang ialah suatu usaha untuk pertanggung jawaban yang memberikan jaminan atau proteksi terhadap kerusakan atau kerugian juga bisa kehilangan keuntungan yang terjadi didalam proses pengantaran barang yang dikirim.

Kenapa asuransi pengiriman barang sangat dibutuhkan?

Kami berpendapat bahwa garansi itu bertujuan untuk mengurangi kerugian pelanggan yang terjadi ketika pengiriman, namum nyatanya pihak ekspedisi kebal terhadap tuntutan kerugian karena adanya bahaya-bahaya yang bersifat accidental.

Ada juga ekspedisi lain yang memberi biaya ganti rugi 10x biaya pengiriman, dan pihak pengirimlah yang harus mengurus jaminan asuransi itu terhadap barangnya.

Beberapa pengelompokan asuransi pengiriman barang antara lain :

Asuransi Pengangkutan Darat

Asuransi yang memberikan proteksi atau jaminan terhadap kerugian dan kerusakan akibat adanya bahaya di jalur darat yang bersifat accidental yang terjadi pada pengiriman melalui darat.

Asuransi Pengangkutan Laut

Asuransi yang memberikan proteksi atau jaminan terhadap kerugian dan kerusakan akibat adanya bahaya di jalur laut yang bersifat merusak/accidental yang terjadi pada pengiriman melalui laut.

Asuransi Pengangkutan Udara

Asuransi yang memberikan proteksi atau jaminan terhadap kerugian dan kerusakan akibat adanya bahaya di jalur udara yang berifat merusak/accidental yang terjadi pada pengiriman melalui udara.

Selain dari jenis pengiriman di atas, perlu kamu perhatikan bahwa asuran pengiriman barang memiliki type cover ganti rugi yang berbeda beda.

10+ Macam Asuransi Cargo yang wajib kamu ketahui sekarang

Jenis Asuransi Pengiriman Barang

Banyak Macam Asuransi Cargo yang jarang di ketahui orang orang , berikut kami jabarkan:

  • ACC-A / Klausa A

Asuransi ini mengganti rugi barang yang mempunyai kerusakan sebagian atau bisa juga keseluruhan (total loss) dengan cakupan jenis kerusakan yang paling luas.

  • ACC-B / Klausa B

Asuransi ini mengganti rugi barang yang mempunyai kerusakan sebagian atau bisa juga keseluruhan (total loss) dengan cakupan jenis kerusakan yang terbatas dan kurang dari ACC-A

  • ACC-C / Klausa C

Asuransi ini mengganti rugi barang yang mempunyai kerusakan sebagian atau bisa juga keseluruhan (total loss) dengan cakupan jenis kerusakan yang terbatas dan kurang dari ACC-B

Daftar Perusahaan Asuransi

  • Aswata

Perusahaan aswata mempunyai asuransi barang lokal yang mempunyai cakupan hanya di nasional dengan nilai kalim yang lumayan sedang.

  • Tokio Marine

Perusahaan ini asalnya dari Jepang yang fokus pada pengangkutan barang yang memiliki nilai besar

  • ABB

Perusahaan ini adalah perusahaan gabungan yang mempunyai asuransi sampai nominal 10 milyar rupiah.

  • Fairfax

Perusahaan asuransi ini berasal dari Canada yang mempunyai lokasi kantor di Kuningan, perusahaan ini mempunyai asuransi terhadap barang yang kurang dari 1 Milyar rupiah

  • ACA

Perusahaan ini menyediakan kepada jasa ekspedisi pengiriman yang bersifat hanya sekali trip dan memiliki cover asuransi senilai dibawah 1 milyar rupiah

Yang harus di ketahui tentang asuransi 

Ketika kamu sudah memilih perusahaan apa dan menggunakan jasa ekspedisi apa ini yang harus diperhatikan

  1. Besar dari premi asuransi barang
  2. Biaya admin = Total Loss biasanya ditanggung oleh pelanggan , dan sisanya 99% ditanggung oleh penyedia asuransi
  3. Syarat untuk mengclaim asuransi
  4. Lama Proses Claim Asuransi

Tentunya setiap perusahaan asuransi dan juga perusahaan ekspedisi mempunyai perbedaan syarat dan ketentuan , jadi lebih teliti lagi sebelum memilih dalam memlilih asuransi cargo

Dimensi Logistic mempunyai pengalaman yang sangat baik untuk menghandle pengiriman luar kota bahkan sampai luar pulau dan mempunyai garansi dalam pengirimannya, Jangan ragu memilih ekspedisi murah yang pastinya DImensi Logistic

 

Need Help? Chat with us